Oleh: smpmtonjong | 12 Oktober 2009

VISI DAN MISI SMP MUHAMMADIYAH TONJONG

Adapun visi dan misi, serta tujuan pendidikan SMP Muhammadiyah Tonjong adalah sebagai berikut :

  1. Visi  :  JIWA ISLAMI, KREATIF DAN UNGGUL PRESTASI
  2. Misi :
  • Menumbuhkan dan meningkatkan sikap akhlaqul karimah untuk setiap warga dan masyarakat sekolah
  • Menciptakan dan melestarikan suasana yang kondusif untuk mendukung terselenggaranya seluruh kegiatan sekolah
  • Mengedepankan kerjasama dalam penyelesaian tugas kependidikan dan keguruan
  • Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara intensif, inovatif dan efektif untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki peserta didik
  • Mengembangkan sikap aktif serta budaya kompetitif dalam menunjang prestasi
  • Menumbuhkembangkan bakat dan prestasi olah raga, seni dan budaya
  1. Tujuan Sekolah

Tujuan pendidikan SMP Muhammadiyah Tonjong mengacu pada tujuan umum pendidikan  dasar yaitu meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pendidikan lebih lanjut. Sedangkan secara khusus, sesuai dengan visi dan misi sekolah, serta tujuan SMP Muhammadiyah  Tonjong pada akhir tahun pelajaran 2006/2007, sekolah mengantarkan siswa didik untuk:

  1. memiliki jiwa toleransi antar umat beragama dan melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya
  2. menjadikan 100 % siswa memiliki kemampuan membaca dan menulis Al Qur’an serta menjadikan kader qori dan qoriah tingkat nasional
  3. menjadikan 100 % siswa memiliki kemampuan berorganisasi dan sebagai kader Muhammadiyah sebagai gerakan Tajdid
  4. menjadikan 90% siswa memiliki kesadaran terhadap kelestarian lingkungan hidup di sekitarnya
  5. memiliki sikap kekeluargaan dalam menyelesaikan tugas-tugas kependidikan
  6. memiliki jiwa cinta tanah air yang diinternalisasikan lewat kegiatan Hizbul Wathan dan Pramuka/Hizbul Wathan
  7. melestarikan budaya daerah melalui MULOK bahasa daerah dengan indikator; 90% siswa mampu berbahasa Jawa sesuai dengan konteks
  8. melestarikan budaya daerah melalui kesenian tradisional calung
  9. meraih kejuaraan dalam beberapa cabang olah raga terutama sepak bola baik tingkat kecamatan, kabupaten, propinsi maupun tingkat nasional
  10. memperoleh selisih NUN (gain score achievement) 0,3  (dari 6,5 menjadi 6,8);
  11. mengoptimalkan proses pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning), antara lain CTL, PAKEM, serta layanan bimbingan dan konseling;

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: